Katabolisme asam lemak

Berikut adalah tahapan — tahapan penyimpanan lemak dalam tubuh, antara lain: Selanjutnya, akan masuk ke tahapan dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan sistem transportasi elektron.

Selain kelompok tersebut juga masih ada oligosakarida yang memiliki monosakarida lebih pendek dari polisakarida, contohnya adalah satkiosa, rafinosa, fruktooligosakarida, dan galaktooligosakarida Fungsi Karbohidrat Simpanan energi, bahan bakar dan senyawa antara metabolism Bagian dari kerangka struktural dari pembentuk RNA dan DNA Merupakan elemen struktural dari dinding sel tanaman maupun bakteri.

KATABOLISME LEMAK

Baik asam palmitat maupuan stearat dapat didesaturasi menghasilkan masing-masing palmitoleat dan oleat.

Artikel ini membahas tentang hubungan katabolisme karbohidrat, katabolisme protein dan katabolisme protein. Sedangkan perhitungan ATP yang dihasilkan oleh 6 atom karbon asam lemak adalah sebagai berikut: Sintesis Asam Lemak Makanan bukan satu-satunya sumber lemak kita.

Diasilgliserol bergabung katabolisme asam lemak grup asil yang lain yang dikatalisis oleh asiltransferase hingga membentuk triasilgliserol. Lemak akan diuraikan menjadi asam lemak dan gliserol. Seperti yang telah kita ketahui bersama, selain mengandung karbohidat glukosamakanan sehari-hari kita juga mengandung protein dan lemak.

Semua sintesis terjadi di dalam kompleks multi enzim-fatty acid synthase. Kolesterol terdapat dalam jaringan, antara lain sebagai komponen struktural membran.

Katabolisme Protein Protein dalam percernaan awalnya dipecah menjadi asam amino. Dua mol asetil KoA hasil? Gugus asetil dan malonil berkondensasi sehingga menyebabkan pelepasangugus karboksil malonil sebagai karbondioksida. Contoh katabolisme adalah respirasi sel, yaitu proses penguraian bahan makanan yang bertujuan menghasilkan energi.

Sedangkan jumlah energi yang dihasilkan protein setara dengan jumlah yang dihasilkan karbohidrat dalam berat yang sama. Yang satu terjadi di dalam mitokondria ketogenesis dan yang satunya lagi terjadi di sitoplasma sintesis kolesterol.

Asetil KoA yang dihasilkan tersebutlah yang menjadi salah satu sumber bahan untuk sintesis asam lemak ini. Gliserol yang ada di hati difosforilasi oleh enzim gliserol kinase.

Struktur kuartener. Isopentenil pirofosfat inilah salah satu unit isoprenoid yang dimaksud. Karena rasa kenyang tersebut disebabkan oleh kemampuan metabolisme lemak untuk menghasilkan energi yang lebih besar.

Asam palmitat dapat diperpanjang menjadi asam stearat C Pada oksidasi asam lemak, asam lemak akan diubah dalam proses? Dalam hal ini hidroksilasi terjadi pada karbon metil di akhir gugus karboksil atau karbon disebelah metil akhir.

Semua asam lemak lemak ini merupakan asam lemak jenuh Sedangkan untuk asam lemak tidak jenuh, adalah lemak yang mempunayi ikatan rangkap atau lebih misalnya palmitoleat, linolenat, arakhidat, dan lain sebagainya.

Pada tahap ini, terjadi pengubahan asam 3-fosfoliserat menjadi asam 2-fosfogliserat. Katabolisme Protein Struktur Protein Dilihat dari tingkat organisasi struktur, protein dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelas dengan urutan kerumitan yang berkurang. Pada tahap awal, gliserol mendapatkan 1 gugus fosfat dari ATP membentuk gliserol 3-fosfat.

Gliserol 3-fosfat yang sudah tersedia baik dari fosforilasi gliserol maupun dari jalur glikolisis akan ditambahkan dengan grup asil. Karbohidrat dibedakan satu dengan yang lain berdasarkan susunan atom-aromnya, panjang pendeknya rantai serta jenis ikatan. Sintesis asam lemak terjadi di dalam sitoplasma.

Yaitu panjang rantai asam lemak yang akan diaktivaskan. Produksi unit isoprenoid Selanjutnya mevalonat mengalami fosforilasi oleh ATP. Semua atom C-nya 27 berasal dari asetil-KoA yang dapat berasal dari oksidasi karbohidrat, lipid, dan asam amino.

Aktivasi asam lemak menjadi asil KoA Asam lemak bebas pada umumnya berupa asam-asam lemak rantai panjang. Kemudian gugus amino pada asam amino tersebut dilepaskan. Reduksi atom karbon dari 30C menjadi 27C.

Kata Kunci: Pada keadaan sesudah makan, asam lemak yang berlebih diambil jaringan adiposa untuk disimpan sebagai TAG. Grup Asil pada asilKoA ditransfer ke karnitin yang dibantu oleh karnitin asiltransferase-I. Ikatan doubledibentuk antara karbon? Proses selanjutnya dapat diterangkan dengan tahap-tahap berikut:RANGKUMAN KATABOLISME ASAM LEMAK Asam lemak jenuh didegedasi dalam 3 tahapan oksidasi.

Tahap pertama, ß-oksidasi, dilakukan dalam siklus yang berkesinambungan dengan hasil akhir sebagai acetyl-CoA. · Lemak merupakan molekul besar yang tersusun oleh 2 molekul kecil, yaitu asam lemak dan gliserol.

HUBUNGAN KATABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK

Lemak dapat tersusun oleh atom karbon. Lemak berfungsi sebagai cadangan energi yang tinggi. Satu gram lemak mempunyai kandungan energi yang lebih besar (kira-kira 2 kali lipat) dibandingkan dengan 1 gram karbohidrat.

Salah satu contoh dari asam lemak yang mempunyai 4/5. Setelah sebelumnya kami membahas tentang katabolisme glukosa, kali ini kami akan membahas tentang katabolisme protein dan asam lemak. Seperti yang telah kita ketahui bersama, selain mengandung karbohidat (glukosa), makanan sehari-hari kita juga mengandung protein dan lemak.

Proses katabolisme lemak terdapat dalam semua bagian tubuh manusia terutama dalam otak. Lemak mempunyai peran sangat penting dalam proses metabolisme secara umum. Pada katabolisme lemak, asam lemak akan mengalami pemotongan unit dua karbon berturut-turut secara oksidatif yang disebut dengan oksidasi robadarocker.com: Rombel 3 Biologi Unnes.

Pemecahan asam lemak-asam lemak tersebut pada dasarnya tidak berbeda dari degradasi asam lemak jenuh yang telah diterangkan sebelumnya. Tetapi karena adanya ikatan ganda, yang pada umumnya adalah sis, maka perlu ada cara khusus untuk menanganinya.

KATABOLISME PROTEIN DAN LEMAK

Asam-asam lemak: Merupakan suatu rantai hidrokarbon yang mengandung satu gugus metal pada salah satu ujungnya dan salah satu gugus asam atau karboksil. Secara umum formula kimia suatu asam lemak adalah CH3(CH2)nCOOH, dan biasanya kelipatan dua.

Katabolisme asam lemak
Rated 3/5 based on 48 review