Makalah diet pada pasien post operasi pdf

Fase — fase penyembuhan luka Menurut Kozier, a. Syarat-syarat diet makanan lunak adalah sebagai berikut: Penyakit lain, misalnya seperti diabetes melitus dan ginjal, dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

Agar mahasiswa memahami persiapan dalam Perawatan Post Operasi. Bertentangan dengan tradisi konvensional, Prof Kehlet justru merekomendasikan pasien untuk diberi makanan yang kaya karbohidrat seperti kentang dan pasta sampai 6 jam sebelum operasi, serta minuman berenergi tinggi sampai 2 jam sebelum operasi.

Pembersihan yang sering harus dihindari karena hal tersebut menyebabkan jaringan vital terganggu dan memperlambat penyembuhan luka. Hal-hal yang perlu dikaji dalam tahap pra oprasi adalah pegetahuan tentang persiapan pembedahan, dan kesiapan psikologis. Selama periode ini proses asuhan diarahkan pada menstabilkan kondisi pasien pada keadaan equlibrium fisiologis pasien, menghilangkan nyeri dan pencegahan komplikasi.

Perforasi jarang terjadi dalam 12 jam pertama sejak awal sakit, tetapi meningkat tajam sesudah 24 jam. Tetapi risiko ini ternyata sangat minimal. Pada hari kedua pascaoperasi biasanya usus bergerak lagi; dengan gejala mules, kadang-kadang disertai dengan perut kembung sedikit.

Meers et al menganjurkan untuk menggunakan teknik pembalutan bersih dengan air dan sarung tangan nonsteril, selain teknik aspektik, untuk luka jahitan yang memerlukan penggantian baluan.

Bila semua proses di atas berjalan lambat, omentum dan usus yang berdekatan akan bergerak ke arah apendiks hingga timbul suatu massa lokal yang disebut infiltrat apendikularis.

Epitelial sel memisahkan sel-sel yang rusak. Hal itu tergantung dari jenis operasi, kondisi badannya dan komplikasi- komplikasi yang mungkin timbul. Rehabilitasi dapat berupa berbagai macam latihan spesifik yang diperlukan untuk memaksimalkan kondisi pasien seperti sedia kala.

Bersihkan cat kuku untuk memudahkan penilaian sirkulasi. Sedangkan cairan tidak diperbolehkan 4 jam sebelum operasi, sebab makanan dan cairan dalam lambung dapat menyebabkan aspirasi.

Makanan bukanlah hal sepele yang bisa kita singkirkan, justru ini menjadi hal yang penting baik pada klien sakit biasa ataupun pada pembedahan. Pendidikan kesehatan yang perlu diberikan mencangkup penjelasan mengenai berbagai informasi dalam tindakan pembedahan.

Cuci tangan Prinsip asepsis pasien Pasien yang akan menjalani pembedahan harus diasepsiskan. Cabut benang dari kulit Prinsip ini dapat digunakan baik pada jahitan interuptus, kontinue atau sub-kutikular. Sebagai alternatif dapat digunakan sarung tangan. Konsumsi makanan lauk-pauk berprotein tinggi, seperti: Kontrol secara teratur untuk evaluasi luka operasi dan pemeriksaan kondisi tubuh.

Intruksi pasca operatif harus sesuai dengan elemen berikut: Pengkajian tingkat kesadaran. Set balutan tradisionalberisi pinset, kain kasa dan kapas wool serta mangkok kecil.

Perawatan Post Operasi Dan Faktor yang Mempengaruhi Penyembuhan Luka Operasi- MAKALAH

Sebagai tekanan yang besar, luka menimbulkan lokal adaptasi sindrom. Makanan saring diberikan kepada pasien sesudah mengalami operasi tertentu, pada infeksi akut termasuk infeksi saluran cerna, serta kepada pasien dengan kesulitan mengunyah dan menelan, atau sebagai perpindahan dari makanan cair ke makanan lunak.

Hal ini disebabkan fase preoperatif merupakan tahap awal yang menjadi landasan untuk kesuksesan tahapan selanjutnya. CRP adalah salah satu komponen protein fase akut yang akan meningkat jam setelah terjadinya proses inflamasi, dapat dilihat melalui proses elektroforesis serum protein.

Penulisan intruksi untuk drainase postoperatif lainnya, penggunaan kateter suksion, pemintaan tekanan negatif dan interval pengukuran volume drainase harus spesifik dan jelas.

Makalah Askep Apendisitis Pre Operasi dan Post Operasi pdf, doc

· Seorang pasien yang baru melahirkan mungkin lebih aman bila diperbolehkan pulang dari rumah sakit pada hari ke empat dan ke lima post operasi, aktivitas ibu seminggunya harus dibatasi hanya untuk perawatan bayinya dengan bantuan orang lain.

Post Operasi (pasca bedah) merupakan masa setelah dilakukan pembedahan yang dimulai sejak pasien memasuki ruang pemulihan dan berakhir sampai evaluasi selanjutnya. LAPORAN PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATAN PRE, INTRA DAN POST OPERATIF A. PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Tindakan operasi adalah sebuah tindakan yang bagi sebagian besar klien adalah sesuatu yang menakutkan dan mengancam jiwa klien.

Secara bertahap, pasien dapat mengkonsumsi diet berupa cairan penuh pada hari kedua setelah operasi, diet makanan lunak pada hari ketiga, dan diet makanan biasa pada hari keempat.

Kondisi pasien menentukan diet yang akan dikonsumsi. Yang perlu diperhatikan adalah diet tersebut harus dapat memenuhi kebutuhan kalori dan protein.

Vitamin secara bertahap diberikan sebagai suplemen. Pada pasien post operasi sebaiknya pemberian nutrisi sesegera setelah operasi lebih diutamakan karena telah dibuktikan memiliki banyak keuntungan untuk mempercepat proses penyembuhan.

BAGI MAHASISWA Untuk pembelajaran perawatan Post operasi diperlukan beberapa indikasi dalam perawatan Post Operasi demi keselamatan opasien.

Oshigita's Page

I. Pengertian Asuhan pada Pasien Pre, Intra dan Post Operasi Asuhan adalah bantuan yang diberikan oleh tenaga paramedic (bidan, perawat) kepada individu/klien.

(Depkes, ) Asuhan pada pasien pre, intra dan post operasi merupakan suatu bantuan yang diberikan oleh bidan kepada klien selama proses persiapan, proses pelaksanaan dan proses pemulihan operasi untuk memenuhi kebutuhannya.

Makalah diet pada pasien post operasi pdf
Rated 3/5 based on 74 review